Saturday 26 October 2013

Tips Belajar Asik


 




Halo Bro, belajar itu susah-susah gampang. Telah banyak cara yang dipublikasikan agar menemukan metode yang sesuai dalam belajar namun itu tergantung dari karakter setiap orang. 

Berikut tips belajar yang asik. 
 

1. Suasana nyaman
Pada saat belajar, otak membutuhkan suasana yang nyaman dan rileks sehingga konsentrasi belajar tidak terganggu. Suasana yang nyaman sambil mendengarkan musik ataupun suasana yang tenang. Kita juga dapat belajar diluar ruangan, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.

2. Lihat garis besar materi.
Teman-teman bisa lebih memahami bila melihat sepintas garis besarnya. Lihatlah subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. Namun, jika bacaannya cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.

3. Buat intisari dari Materi.
Nah FRENK!!. caranya dengan membuat ringkasan materi kedalam catatan kecil yang ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana saja, dibaca kapan saja dan dmana saja, dengan tujuan mengingat kembali bahan pelajaran dengan cara yang cepat untuk menghapal materinya, namun cara ini tidak untuk dijadikan pelampung yah FREND saat ujian. hahah5x.. 

4. Berlatih dengan tehnik mengingat
Membuat singkatan yang mudah diingat seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Terkadang kita malas membaca buku karena huruf semua ataupun ketemu sama rumus yang rumit. Solusinya, tandai hal yang kita anggap penting dengan garis bawah, dan stabilo berwarna lalu catat dibuku sebagai ringkasan.

5. Istrahat sejenak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mampu melakukan konsentrasi penuh paling lama 20 menit daripada belajar langsung satu jam tanpa istirahat. Lebih dari itu anak akan mulai menurun daya konsentrasinya. Istarahat 1-2 menit akan mengembalikan daya konsentrasi seperti semula.


6. Disiplin
Belajar tepat waktu dan serius juga sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar, singkatnya kalo kamu belajar tiba masa tiba akal pastinya nilai yang didapat kurang memuaskan. Hindari cara belajar yang tergesa-gesa dan istrahat yang cukup. 

OK BRO, Selamat Mencoba

No comments:

Post a Comment