Saturday 12 October 2013

Tips menghilangkan bau mulut


Bau mulut disebabkan oleh gas yang diproduksi oleh bakteri. Gas ini terkumpul dalam rongga mulut di dalam gusi, gigi, atau lidah. Bau mulut membuat kita tidak percaya diri dan malu saat berbicara dengan orang lain. Namun sebelumnya, Ada baiknya jika kita mengetahui penyebab bau mulut itu, diantaranya :

Tidak sarapan Pagi
Tidak sarapan pagi biasanya mulai agak siang mulut kita menjadi bau hal ini dikarenakan kurangnya produksi air liur. Dalam mulut itu ada bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut.

Sariawan
Saat ketika mengalami sariawan, biasanya terjadi infeksi di mulut dan akan menyebabkan nanah yang bisa berbau tidak sedap di mulut.

Bakteri pembusuk
Bakteri ini berasal dari pembusukan sisa yang masih menempel pada sela-sela gigi. Bakteri ini memproduksi senyawa belerang yang sangat mudah untuk menguap.

Merokok
Buat anda yang perokok (mohon maaf), bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit dan juga merupakan penyebab bau mulut yang tidak sedap.

Penyakit tertentu
Radang tenggorokan, amandel, dan gangguan pencernaan juga dapat menyebabkan bau mulut.

Nah Setelah kita ketahui penyebabnya, berikut cara menanganinya :

Sarapan Pagi.
Dengan sarapan maka produksi air liur dalam mulut akan meningkat dan akan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu sarapan sangat berguna untuk pencernaan.
 
Disiplin Menggosok Gigi
Menggosok gigi adalah cara yang sangat mendasar untuk menghilangkan bau mulut. Yang harus anda ingat adalah kedisiplianan dalam menggosok gigi. 

Berkumur dengan Moutwash (Obat kumur)
Menggunakan obat kumur setelah anda menggosok gigi. Jika anda tidak memiliki obat kumur, berkumur dengan garam juga bisa menjadi alternatif obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.

Mengkonsumsi Buah-Buahan
Selain baik untuk kesehatan pencernaan, serat buat yang tinggi juga dapat menjadi pembersih gigi karena buah-buahan mengandung banyak air dan vitamin C misalnya buah pear, apel, jambu, 
lemon dan lain-lain.  

Daun Sirih 
Ambil 6-9 daun sirih, lalu bersihkan kemudian rebus lalu disaring dan dinginkan.kemudian pakailah air rebusannya untuk berkumur. Daun sirih akan memberikan efek hangat dan segar di dalam mulut karena ini merupakan mouth wash alami. Rempah lain seperti kayu putih,kayu manis, ketumbar, tarragon, mint, kapulaga dan rosemary juga dapat menangkal bau pada mulut.

Kunyah Permen Karet
Permen yang tiada habisnya ini dapat membuat air liur semakin banyak, Mengunyah permen karet juga bisa menjadai sarana olah raga otot pipi supaya tetap kencang..

Apel
Apel adalah salah satu buah yang dapat melawan bau mulut tidak sedap. Tekstur apel juga membantu dalam menghilangkan kelebihan plak di gigi. Apel dapat memberikan kelembapan pada mulut yang diperlukan untuk menghilangkan bakteri.

Yogurt
Sebuah penelitian yang dipresentasikan oleh Dr. Kenichi Hojo dan tim peneliti dari Jepang menemukan bahwa yogurt tanpa gula dapat mengurangi senyawa berbau busuk yang menyebabkan bau mulut. Tidak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa yogurt dapat mengurangi plak berlebih di gigi dan dapat pula menangkal bau mulut yang tidak sedap.

Stroberi
Makan stroberi dan makanan lain yang kaya vitamin C dapat mencegah mulut kering dan mengurangi risiko bau mulut. Vitamin C membuat bakteri dan kuman sulit hidup di mulut, sehingga Anda bisa mencegah bau mulut tidak sedap.

Teh
Secangkir teh merah atau teh hijau tanpa gula dapat membantu menangkal bau mulut. Penelitian menunjukkan bahwa teh merah atau teh hijau mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang dapat membantu menghancurkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Kayu manis
Caranya dengan memasukkan kayu manis ke dalam secangkir teh karena aroma yang kuat pada kayu manis dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Permen mint
Meski tidak bertahan lama namun permen mint dapat membantu menjaga mulut tetap terhidrasi dan berbau harum. Jadi, ketika bau mulut datang kembali, segera ambil permen mint yang baru.

Hazelnut
Hazelnut dapat melawan bau mulut, jika dikunyah dengan baik dan teratur. Hazelnut juga kaya vitamin dan protein. Itulah sebabnya hazelnut baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

Namun, cara sederhana untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan mengonsumsi air yang banyak. Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment