Thursday 24 October 2013

Solusi Saat Lidah tergigit saat makan

 

1. Es batu

Setiap kali lidah tergigit saat makan, segera kulum sebongkah kecil es batu yang dingin. Cara ini bukan cuma meredakan kondisi bengkak akibat lidah yang tergigit, tetapi juga menghentikan pendarahan yang terjadi.



2. Kumur air garam

Campur sedikit garam ke dalam air hangat, kemudian kumur untuk meredakan lidah yang tergigit. Fungsi dari berkumur air garam ini adalah menyembuhkan lidah karena air garam merupakan anti bakteri yang bisa mempercepat penyembuhan.



3. Baking soda

Selain air garam, campuran air dan baking soda bisa dijadikan alternatif alami untuk mengatasi lidah yang tergigit. Campuran pasta dari baking soda dan air bisa dioleskan pada lidah untuk mempercepat penyembuhannya.




4. Madu

Khasiat madu bukan cuma bermanfaat bagi kesehatan organ dalam, tetapi juga menyembuhkan luka, salah satunya lidah yang tergigit saat makan. Oleskan madu di bagian lidah yang tergigit untuk segera mengatasi nyeri yang dirasakan.


5. Air putih

Cara paling mudah untuk mengatasi lidah yang tergigit saat makan adalah dengan minum air sebanyak-banyaknya. Sehingga tubuh tetap terhidrasi dan lembap. Luka akibat tergigit pada lidah pun akan segera sembuh.


6. Hindari makanan pedas

Jika menderita sakit pada lidah akibat tergigit, sebaiknya hindari makanan pedas. Sebab konsumsi makanan pedas bisa menimbulkan inflamasi dan memperparah luka. Ketika sakit tetap berlanjut meski semua cara sudah dilakukan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter.

No comments:

Post a Comment