Saturday 5 October 2013

6 Manfaat bagi kesehatan dari musik





Tanpa disadari, ternyata musik yang kita dengar selama ini mempunyai dapat memberikan suasana yang menyenangkan dan bahkan membuat kita berkonsentrasi.  

Nah Bro, Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari mendengarkan musik. Simak liputannya :

1. Redakan stres
Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik dapat memberikan semangat ketika sedang bekerja. bahkan satu dari empat orang mengaku  mendengarkan musik menuju ke tempat kerja dapat membantu mengatasi stres.

2. Berkonsentrasi
Sebuah alat 'digital tonic' yang biasa disebut Ubrain, dipercaya membantu pikiran fokus serta rileks. Aplikasi ini didasarkan pada binaural beats (yang dapat merangsang aktivitas tertentu di otak) sehingga membantu Anda untuk meningkatkan energi, pikiran dan meningkatkan mood saat mendengarkan musik favorit.
3. Meningkatkan Mood
Penelitian 2011 di Kanada, oleh jurnal Nature Neuroscience berkesimpulan bahwa mendengar musik favorit membantu mencairkan suasana hati yang buruk.


4. Mental lebih baik
Menurut Bridget O'Connell "Ada dua cara berbeda yang digunakan dalam terapi musik: baik sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri atau untuk kualitas inheren restoratif atau penyembuhan,". sehingga musik dapat menjadi pengobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang berurusan dengan kondisi kesehatan mental. 
5. Daya tahan tubuh
Musik tertentu dapat membantu anda berlari lebih cepat. Hal itu didasarkan pada studi di Brunel University, London Barat. Bahwa musik dapat meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen. Maka, pilih lagu berdasarkan tempo olahraga Anda karena musik akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan kita untuk berolahraga lebih lama.

6. Dalam perawatan pasien
Riset menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup bagi pasien yang menderita penyakit jangka panjang, seperti penyakit jantung, kanker dan kondisi pernapasan juga memberikan dampak yang baik. 

No comments:

Post a Comment