Wednesday 9 October 2013

Jurus ampuh menghadapi varises





Varises adalah pelebaran pembuluh balik. Jika anda tidak tahan saat jongkok dan berdiri lama dimana tungkai bawah anda teras pegal atau bagian betis sudah terlihat urat-urat halus bisa jadi anda mulai terkena varises. 

Varises  merupakan pelebaran pembuluh darah balik (pembuluh darah vena ) akibat gangguan aliran darah. Kata varises berasal dari bahasa Latin “varix” yang berarti memutar. Pembuluh darah vena berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari jaringan tubuh untuk kembali ke jantung.

Berdasarkan berat ringannya penyakit, varises terbagi menjadi 4 stadium, yakni:
  • Stadium I : Pada stadium ini gejala biasanya tidak spesifik. Pada umumnya ditandai dengan gejala tungkai bawah  gatal, rasa terbakar, rasa pegal, kaki mudah capek, mudah kesemutan (gringgingen).
  • Stadium II: Pada stadium ini ditandai dengan warna kebiruan yang lebih nyata pada pembuluh darah vena.
  • Stadium III: Pembuluh darah vena nampak melebar dan berkelok-kelok mirip sarang laba-laba (spider navy). Keluhan pada tungkai makin nyata dan makin kerap dialami.
  • Stadium IV: Pada stadium ini ditandai dengan timbulnya berbagai komplikasi, antara lain: dermatitis (peradangan pada kulit, kulit menghitam dan mengeras),  luka (ulkus), perdarahan varises, dan gangguan pembuluh darah vena lainnya.

Berikut resep jitu yang bisa kita lakukan menghadapi varises :

Olahraga setiap hari 
Duduk atau berdiri terlalu lama dapat memicu timbulnya varises, makanya kita dianjurkan harus lebih sering berolahraga agar aliran darah menjadi lebih lancar dan tidak menggumpal.

Angkat Kaki
Dilakukan saat menjelang istirahat malam dengan mengusahakan kaki anda lebih tinggi dari kepala. Karena dengan melakukan begini akan memperlancar peredaran darah anda.

Alas kaki 
Penyebab lainnya adalah pemakaian sepatu hak tinggi, baiknya hindarkan pemakaian sepatu hak tinggi terlalu lama.

Kurangi berdiri terlalu lama
Aktivitas berdiri atau duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan varises, usahakan melakukan selingan atau waktu yang seimbang dengan melakukan hal-hal yang lain selain berdiri yang lama.

Pakaian 
Pakaian yang terlalu ketat di sekitar kaki dan pinggul juga dapat meningkatkan risiko munculnya varises. Jadi sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman dan longgar setiap hari.

Konsumsi
Sebaiknya mengurangi makan-makanan seperti gorengan, gula, garam, dan daging-daging merah.

Cherry dan blackberry 
Mengkonsumsi buah blackberry dan cherry karena dalam buah tersebut terkandung senyawa yang sifatnya melancarkan peredaran darah.

Duduk yang benar
Jauhilah duduk yang mentekuk kaki atau melipat kaki anda, tapi sering-seringlah untuk meluruskan kaki anda

Memijat dengan minyak 
Setelah mandi, coba pijat bagian tubuh yang mengalami varises dengan minyak tanaman jarak ataupun rimpang karena memiliki senyawa aktif yang disebut ruscogenins, glikosida steroid yang anti-inflamasi, dan memiliki efek penyembuhan pada darah.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment