Wednesday 9 October 2013

Khasiat Sirsak




Sebagian orang mungkin menganggap buah ini adalah asli dari Indonesia, namun buah ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Yang mendatangkan buah ini pertama kali ke Indonesia adalah bangsa Belanda di abad ke-19. Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.

Khasiat buah sirsak memang tidak bisa dipungkiri lagi, terutama untuk kesehatan tubuh kita. Hal tersebut tentunya karena buah sirsak memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat. Tidak hanya bagian pohon beserta buahnya, mulai dari bunga hingga daun sirsak juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. 
Adapun khasiat dari Tanaman Sirsak, yakni :

Mengobati Bayi Mencret (diare).
Siapkan buah sirsak yang sudah masak, kemudian peras dan disaring untuk diambil airnya. Minumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

Mengobati Ambeien.
Peras buah sirsak yang sudah masak, ambil airnya sebanyak 1 gelas, minum sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore.

Sakit Kandung Air Seni.
Siapkan buah sirsak yang setengah masak, gula dan garam secukupnya. Masak semua bahan menjadi kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan hal tersebut rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

Mengobati Penyakit Liver
Untuk mengobati liver maka anda puasa makanan makanan lain. Anda hanya perlu meminum juice sirsak selama 1 minggu sebagai pengganti makanan

Manfaat sirsak untuk kecantikan
Kandungan vitamin C dalam buah ini memiliki zat anti-oksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan meminum jus buah secara teratur dapat membuat anda awet muda. 

Membunuh sel kanker
Manfaat buah sirsak sebagai obat kanker alami sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai merk obat herbal. Selain itu, konsumsi secara langsung maupun diolah dalam bentuk jus bisa melindungi sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. 

Obat herbal batu kandung kemih
Khasiat sirsak untuk mengobati sakit kandung air seni dapat anda peroleh dengan meminum kolak buah sirsak. Sediakan buah setengah matang, gula dan garam dapur kemudian masak semua bahan tersebut sebagai kolak. Konsumsi ramuan herbal tersebut setiap hari selama 1 minggu untuk mengobati kandung kemih.Khasiat buah sirsak dipercaya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan serta membunuh sel kanker dibandingkan dengan kemo terapi.

Mengobati kencing sedikit sedikit (Anyang-anyangen).
Siapkan buah sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum airnya.

Mengobati Kanker
Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Purdue University Amerika Serikat, menyatakan bahwa daun sirsak ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk pengobatan berbagai macam penyakit terutama penyakit kanker. Pada penelitian tersebut membuhktikan bahwa daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Adapun beberapa jenis kanker yang diklaim dapat diobati adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan 12 jenis kanker lainya. Cara yaitu ambil 10 lembar daun sirsak tua, lalu rebuslah dengan 3 gelas air. Biarkan hingga tersisa 1 gelas air, minumlah 2 kali setiap harinya selama 2 minggu

Mengobati Asam Urat
Daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat asam urat. Banyak pengobatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat. Caranya sangat mudah yaitu dengan daun sirsak yang sudah cuku tua tapi masih hijau, kira-kira 6 sampai 10 lembar kemudian cuci bersih. Selanjutnya daun sirsak dipotong-potong dengan tujuan memastikan kandungan pada daun benar benar keluar. Rebus daun tersebut dengan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisah 1 gelas. Minum ramuan tersebut sehari dua kali yaitu pagi dan malam hari.

Manfaat Daun Sirsak untuk mengobati Sakit Pinggang.
Jika kamu mempunyai masalah dengan pinggang kamu, cobalah untuk membuat ramuan daun sirsak ini. Ambillah 20 lembar daun sirsak lalu rebuslah dengan 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Minumlah ¾ gelas ramuan ini 1 kali sehari.

Membantu system kekebalan tubuh dan menghindari infeksi.
Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Caranya, siapkan 4/5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.

Manfaat Daun Sirsak untuk mengobati Eksim dan Rematik.
Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian tubuh yang dirasa ngilu atau sakit karena rematik atau eksim secara teratur 1 hari dua kali.

No comments:

Post a Comment