Wednesday 9 October 2013

KHASIAT LIDAH BUAYA






 
Lidah Buaya adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit serta mengandung antibakteri dan vitamin. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Di Indonesia sendiri tanaman obat ini banyak kita temukan disekitar kita.

Nah teman-teman, apa saja manfaat manfaat lidah buaya, ini dia :


Melembabkan kulit kaki
Caranya, campurkan setengah cup oatmeal, setengah cup body lotion tanpa parfum, serta 4 sendok teh gel lidah buaya lalu gosokkan ke bagian kaki yang lelah dan bilas dengan air hangat.

Radang tenggorokan
1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Tambahkan 1 sendok makan madu murni. Minum 3 kali sehari.

Pengelupas kulit
Sangat sederhana karena dengan daging lidah buaya menjadi bahan dasar membuat scrub karena bermanfaat untuk melembutkan sel-sel kulit. Campurkan setengah cup lidah buaya dengan brown sugar atau baking soda sampai teksturnya agak kasar. Kemudian gosokkan ke siku, kaki, tangan, dan bagian tubuh lain yang sering terasa kasar.

Ambeien
Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dibuang durinya, dicuci, lalu diparut. Beri setengah (1/2) gelas air panas, kemudian peras. Tambahkan 2 sendok makan madu. Dalam keadaan hangat, minum 3 kali sehari.

Sabun cuci muka
Campurkan satu sendok teh gel lidah buaya dengan satu sendok teh susu almond dan satu sendok teh lemon. Gunakan sebagai sabun untuk membersihkan muka. Diamkan beberapa menit sebelum dibilas. Kandungan mineral dalam lidah buaya ternyata mengandung antibakteri sehingga sangat ideal untuk Anda yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat.

Penurun kadar gula darah
1 pelepah lidah buaya ukuran besar (kira-kira seukuran telapak tangan) dibersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam sekitar 30 menit dalam air garam. Remas sebentar lalu bilas di bawah air yang mengalir (air kran). Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan. Minum sebanyak  1/2 gelas selama 2 sampai 3 hari

Sembelit
Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong kecil-kecil. Seduh dengan setengah (1/2) gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Hangat-hangat dimakan 2 kali sehari.

Pembersih makeup
Tidak semua orang cocok mengenakan pembersih makeup karena kandungan kimianya yang keras bisa membuat kulit kering. Sebagai alternatif, gunakan satu sendok daging lidah buaya yang sudah dilumatkan kemudian usapkan dengan kapas. Bersihkan muka secara perlahan lalu bilas dengan air.

Diabetes melitus
2 batang daun lidah buaya, dicuci, dibuang durinya, dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas

Krim kulit sebelum mencukur
Kandungan antibakteri dalam lidah buaya membuat lidah buaya menjadi krim kulit yang perlu dipakai sebelum mencukur rambut di kulit. Selain itu lidah buaya juga bersifat melembabkan.

Meredakan bengkak
Ambil tempat cetakan es batu lalu isilah dengan lidah buaya, kemudian bekukan. Es lidah buaya ini bisa dipakai untuk meredakan bengkak karena gigita serangga atau mengurangi efek terbakar akibat sinar matahari.

Batuk yang membandel
20 g daun lidah buaya dicuci, dikupas, dipotong-potong. Campur dengan 2 sendok makan madu murni. Minum 2 kali sehari. Ulangi selama 10 hari.

Penyubur rambut
2 pelepah lidah buaya dicuci lalu kupas. Isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

No comments:

Post a Comment