Friday 11 October 2013

Menolak Cinta Secara Halus

   
“Jangan paksakan hatimu untuknya, kalau kamu merasa terpaksa”. meskipun cinta dapat tumbuh seiring waktu berjalan. tapi alangkah lebih baik jika sejak pertama anda mulai menghargai perasaan orang. Ada kalanya seseorang yang naksir terkesan menyebalkan atau membuat tidak nyaman. Kita harus dewasa dalam menghadapinya, ketika sedang dekat sama seseorang terkadang dia menyatakan cinta kepada kita padahal hanya sebatas sahabat dan tidak lebih dari itu. Padahal tidak ada perasaan kepadanya, Jadi bingung mau berkata apa kepadanya karena takut menyakiti perasaan dia. Penolakan memang menyakitkan namun kadang itu juga demi kebaikan dirinya, karena kita tidak mungkin berbohong dengan perasaan kita sendiri. 
Berikut jurus ampuh bagaimana menolak cinta dengan cara yang halus. 

1. Pilih waktu yang tepat.

Pilih waktu yang tepat untuk menjelaskan kepada dirinya, bahwa kamu tidak dapat menerima  cintanya ini menyangkut kesiapan si dia menerima pernyataan tersebut. Misalkan jangan lakukan penolakan ketika dia sedang berduka atau menolak cintanya di hadapan orang banyak. 

"Aku sangat bahagia, ketika engkau memberikan perhatian lebih kepadaku. Aku bahagia bersamamu, namun aku juga tak menduga engkau menyimpan rasa sayang yang lebih kepadaku. Seandainya aku mengatakan hal sama sepertimu, aku takut menyakiti hatimu karena tak mampu membahagiakanmu. Aku tak bisa membohongi perasaanku sendiri, maafkan kawan aku tak bisa menerima cintamu. Aku ingin kita tetap bersahabat selamanya. 


2. Tidak memberikan harapan.

Ada kalanya kita sulit menolak permintaannya seperti mengajak makan, nonton, curhat, dan yang lainnya, namun ada baiknya dengan mengabaikan ajakannya dengan cara yang halus seperti ada kegiatan ataupun yang lainnya. Kurangi kegiatan tersebut karena secara tidak langsung kamu telah memberikan dia harapan. 

3. Berbicara lembut dan menenangkan.

Menolak cinta dengan cara yang kasar akan memberikan rasa sakit hati lebih dalam kepada dirinya. Jangan membuat situasi lebih buruk, katakan perasaan kamu apa adanya dengan bahasa yang lembut dan dapat menenangkan dirinya. Kamu bisa gunakan atau sisipkan kalimat yang juga sifatnya menghibur. Misalnya saja, 

 "Aku merasa bahagia dengan semua perhatian yang kau berikan, aku juga sebenarnya kaget kau menyimpan rasa yang lebih padaku. Mungkin aku tidak bisa berkata terlalu cepat kepadamu. Aku masih takut tak bisa membahagiakanmu seperti layaknya kau yang selalu memberikan perhatian padaku..“Mungkin aku bukan yang terbaik untuk kamu. Di luar sana, aku yakin, ada seseorang yang lebih bisa membuat kamu bahagia. labih mengerti kamu dibandingkan aku” Aku takut menyakiti perasaanmu. Aku harap kau mengerti. Maafkan aku

4. Berikan alasan yang masuk akal.

Berikan alasan masuk akal dan jangan membuat alasan yang dibuat-buat, atau berbohong untuk membuat dia mundur. Buatlah dia mengerti tentang alasan penolakan kamu, mengapa kamu tak dapat memberikan cinta kamu untuk dia.

5. Tawarkan Pertemanan dan persahabatan.

Cinta tak harus saling memiliki, Jika memang kamu bersedia untuk menjadi teman dan sahabat, ungkapkan pada dirinya. Katakan bahwa kamu lebih nyaman untuk menjadi teman atau sahabat bagi dirinya. Meskipun benar-benar kita tidak suka karakter, perilaku dan kebiasaan dirinya yang sering membuat kamu tidak nyaman berada di dekatnya. Cukup katakan kamu masih dapat berteman dengan dirinya dalam batas pertemanan yang wajar pada umumnya.


No comments:

Post a Comment