Friday 25 October 2013

Tips mengobati gigi secara tradisional

 

Sakit gigi merupakan pertanda bahwa kondisi gigi kita kurang baik yang disebabkan kuman dan kebiasaan kurang intensif dalam merawat gigi. Cenderung bagi penderita sakit gigi menjadi sangat sensitif terhadap suara bising dan mudah marah.

Penyebab sakit gigi bisa beberapa hal, diantaranya gigi berlubang, retak, terkikis, kebanyakan makan permen karet, atau bahkan gusi yang terinfeksi. Nah, berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk mengobati sakit gigi


Garam
Larutkan garam dengan air hangat, selanjutnya gunakan untuk berkumur. Perlu diingat bahwa air tersebut jangan ditelan. 

Peppermint
Cara Membuat : sediakan kurang lebih 5 gram peppermint, kemudian rebus peppermint dan tambahkan air setengah gelas, lalu tambahkan garam sedikit. Tunggu hingga mendidih, jika sudah mendidih angkat dan diamkan sambil menunggu agak dingin. Konsumsi ramuan ini 2x sehari.
  
Mentimun
Cara pengobatan sakit gigi dengan mentimun : sediakan buah mentimun kemudian potong kecil kecil, masukan ke bagian gigi yang berlubang atau gigi yang sakit.

Daun Cengkeh
Cengkeh merupakan rempah yang menjadi bahan dalam pembuatan rokok. Namun, daun cengkeh ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, cuci beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

Minyak cengkih
Caranya sediakan bahan : 1 ½ sendok teh minyak cengkeh dan 1 sendok teh spirtus. Cara membuat dan menggunakan : Minyak cengkeh dan spirtus dicampur menjadi satu kemudian diaduk sampai rata. Setelah itu saat gigi berlubang terasa sakit, ambil ramuan tersebut dan taruh pada kapas, masukkan pada gigi yang berlubang atau bisa juga dengan cara meneteskan ramuan ke gigi berlubang. Cara yang kedua didasarkan pada penelitian pada Journal of Dentistry tahun 2006, caranya berikan 2 – 3 tetes minyak cengkih ke kapas kemudian gosokkan pada gigi.

Teh Hangat
Teh hangat/panas dapat membantu untuk menghilangkan bakteri yang ada di mulut dan untuk mengurangi rasa sakit gigi. Cara pengobatan: Ambil kantong teh kemudian Letakkan di gusi agar membantu untuk menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat..

Merica
Merica juga dikenal sebagai salah satu obat tradisional sakit gigi warisan leluhur. Caranya siapkan merica dan garam dalam jumlah 1:1 atau sama banyak. Kemudian beri beberapa tetes air dan gabungkan sampai jadi seperti pasta. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit dan biarkan beberapa menit. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap hari.

Cabe rawit
Kecil-kecil cabe rawit adalah ungkapan untuk menggambarkan sesuatu yang kecil namun memiliki banyak kelebihan. Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.

Bawang Putih
Bawang putih mengandung senyawa antiseptik. Cara Pengobatan: Ambil satu siung bawang putih lalu letakkan di gigi yang sakit. Kerjakan selama kurang lebih 5 menit, Lalu keluarkan bawang putih dari mulut dan bersihkan mulut dengan air hangat.  Cara yang lainnya adalah sesuai penulis buku kesehatan keluarga Jude.C berjudul Jude’s Herbal Home Remedies yaitu dengan menyiapkan 1 siung bawang putih kemudian di tumbuk dan diletakkan pada gigi yang sakit, biarkan
± 5 menit. Selanjutnya bersihkan dan berkumurlah dengan air hangat untuk membersihkan.

Bawang Merah
Selain bawang putih, ternyata bawang merah juga bermanfaat dalam mengobati sakit gigi secara alami. Caranya pun tidak sulit, anda hanya perlu menyiapkan 1 siung bawang merah kemudian memarkan. Letakkan bawang merah pada gigi yang sakit kemudian biarkan beberapa saat sebelum berkumur. Anti microbanya akan mampu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

Getah Jarak
Saat ini getah jarak diupayakan sebagai bahan bakar alternatif, getah dari pohon jarak ini ternyata berkhasiat mengobati sakit gigi berlubang. Caranya dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. Atau bisa juga dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian masukkan kapas pada gigi yang berlubang.

Akar Kangkung 
Caranya: Sediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sdt cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Cabe rawit
Cabe rawit mempunya kandungan senyawa capsaicin sehingga berfungsi untuk pereda rasa sakit. Cara pengobatan: Larutkan cabe di air panas, Lalu Celupkan Kapas, Kemudian peras kapas sedikit dan letakkan pada gigi.

Akar Meniran 
Selain mengobati penyakit ginjal, Namun ternyata akar meniran juga berkhasiat untuk mengobati gigi yang sakit. Caranya: Cuci bersih akar meniran, lalu kunyah-kunyah pada gigi yang sakit.

Sereh
Sereh (bukan sirih), Caranya: Rebus 40 g sereh segar dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan ramuan ini untuk berkumur.

Es batu
Es batu mematikan rasa sakit di gigi akibat mati rasa yang dihasilkan. Cara pengobatan : es batu dimasukkan dalam kantong kain atau gosok langsung
di bagian gigi yang terasa sakit selama ± 1 menit. Ulang lagi jika gigi mulai terasa sakit lagi. Pengobatan ini sifatnya hanya sementara.

Cara efektif mencegah sakit gigi dengan rajin menggosok gigi secara teratur minimal 2 kali sehari, pagi dan malam.

No comments:

Post a Comment